Menwa Mahabanten Menyelenggarakan Seminar Nasional Aktualisasi Pancasila

Dalam rangka turut serta mensosialisasikan kembali nilai-nilai kandungan dari dasar Negara Kesatuan Rrepublik Indonesia - Pancasila, Komando Resimen Mahasiswa Mahabanten (Menwa Mahabanten) menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema "Aktualisasi Moral dan Etika Politik Demokrasi Pancasila". Bertempat di Aula Prof. Sjadeli Hasan IAIN "Sultan Maulana Hasannudin" Banten seminar ini dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2012, dibuka oleh Kepala Bidang Hubungan Antar Lembaga, Herry Mulyadi, SH mewakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Banten.

Dalam kesempatan ini, Komandan Resiman Mahasiswa Mahabanten, Nana Sukmana menyampaikan bahwa arti penting dari peran Menwa khususnya, dan generasi muda umumnya untuk turut serta melestarikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam asas Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu Pancasila. "Bahwa bendera kita bukan Merah Putih lagi, tetapi sudah berubah menjadi abu-abu, sudah waktunya kitalah yang membuat dan mewarnainya kembali menjadi Merah Putih," demikian tandas Komandan Menwa Mahabanten dalam rangka menekankan arti penting kesadaran bela negara dan demokrasi Pancasila.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Herry Mulyadi, SH sebagai wakil dari Pemerintah Provinsi Banten. Beliau menyatakan sangat bangga masih ada generasi muda yang peduli dengan Pancasila ditengah-tengah masyarakat dewasa ini sudah melupakan asas negara Pancasila. "Perlu penanaman 4 pilar kebangsaan pada generasi muda, khususnya mahasiswa, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam setiap aktivitas berbangsa dan bernegara," demikian sambutannya.

Dalam Seminar ini, narasumber yang hadir dari Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri, Komando Resort Militer 064/Maulana Yusuf Banten, dan Yayasan Alumni Menwa Angkatan XII.




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More