Bank Mandiri, Bank Terbesar Di Indonesia

Sejarah Bank Mandiri

Saat ini Bank Mandiri merupakan bank terbesar di Indonesia, baik dari segi aset, pinjaman, maupun depositnya. Menilik dari sejarah Bank Mandiri yang berdiri sejak 2 Oktober 1998, merupakan hasil merger dari bank-bank yang memang sudah cukup ternama dan memiliki peranan penting dalam pembangunan dan sejarah bank di Indonesia merupakan langkah restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Berdirinya Bank Mandiri merupakan suatu keharusan akibat dari ambruknya sistem perbankan dunia yang juga dialami oleh Indonesia, resesi dunia yang membawa berbagai sektor ekonomi dunia runtuh, dan sektor ekonomi ini juga membawa beberapa perubahan total pada sistem pemerintahan di beberapa negara, tidak terkecuali Indonesia. Ditandai dengan pergantian kepemimpinan nasional bangsa Indonesia, dari era Orde Baru memasuki Orde Reformasi hingga saat ini.

Bank Mandiri dibentuk dari fusi 4 (empat) Bank milik Pemerintah Indonesia, yaitu Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo). Kalau dilihat dari sejarah masing-masing Bank yang berfusi ini, memiliki sejarah yang panjang bagi perbankan di Indonesia. Bank Bumi Daya (BBD) merupakan bank hasil nasionalisasi sebuah perusahaan Belanda De Nationale Handelsbank NV, Bank Dagang Negara (BDN) juga demikian, hasil dari nasionalisasi Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij yang didirikan di Batavia (Jakarta) pada tahun 1857. Sedangkan Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim) berawal dari perusahaan dagang Belanda N.V. Nederlansche Handels Maatschappij yang didirikan pada tahun 1842, selanjutnya untuk Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) merupakan satu-satunya dari 4 (empat) Bank yang berfusi asli bentukkan Pemerintah Indonesia, berawal dari Bank Industri Negara (BIN) yang didirikan pada tahun1951.

Sesuai dengan tuntutan situasi kondisi perekonomian bangsa Indonesia, slogan yang dicanangkan pun berubah-ubah disesuaikan dengan fokus visi dan misi dari Bank Mandiri. Awal berdiri, Bank Mandiri memiliki slogan Bank Terpercaya Pilihan Anda (1998-2002), kemudian berturut-turut berganti dengan Satu Hati, Satu Negeri, Satu Bank (2003-2004), Melayani Dengan Hati, Menuju Yang Terbaik (2005-2007), Terdepan, Terpercaya, Tumbuh bersama Anda (2008-2009), Menembus Batas Keinginan (2009-2010), Menjawab Setiap Keinginan (2010-2012), Apapun Keinginan Anda, Bank Mandiri Saja (2012-Sekarang).


Prestasi Bank Mandiri

Bank Mandiri menjadi bank terbesar di Indonesia bukanlah pujian, tetapi real prestasi yang dicapai oleh Bank Mandiri hingga saat ini. Bank Mandiri mendapatkan peringkat terbaik dalam survei  BSEM tahun 2011/2012 yang dilakukan di Jakarta, Medan, Semarang dan Cirebon. Bank Mandiri menjadi nomor urut satu dari daftar 10 Bank Terbaik dalam pelayanan prima dengan nilai 88,47%. Prestasi ini menjadi kali kelima yang pernah diperoleh Bank Mandiri secara berturut-turut dan merupakan bank pertama yang menyabet penghargaan ini sebanyak kelima kalinya. Dalam survey ini, Bank Mandiri membukukan skor terbaik untuk tiga kategori yaitu customer service terbaik dengan nilai yaitu 82,47%, internet banking terbaik (99,52%) dan kategori performa terbaik phone banking – officer (95,28%) (tribunnews.com).

Selain itu, Bank Mandiri berhasil mencatat laba sebanyak Rp 11,1 truliun pada kuartal III Tahun 2012, naik 21,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan untuk aset masih di kuartal yang sama dibukukan sebesar Rp 588,4 triliun. Dari segi penghimpunan dana pihak ketiga diperoleh dana mencapai Rp 430,9 triliun, sedangkan pada tahun 2011 Rp 376,4 triliun. Sedangkan tabungan masyarakat juga terus meningkat hingga mencapai Rp 180,2 triliun, naik 22,1 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya (tempo.co).

Di bawak kepemimpinan Zulkifli Zaini, Bank Mandiri mencapai prestasi-prestasi tersebut, dimana beliau sendiri dinobatkan sebagai The Best Chief Executive Officer di Indonesia oleh Corporate Governance Asia pada bulan Maret 2012 (open.salon.com).

Dari berbagai prestasi yang dicapai oleh Bank Mandiri di atas, sungguh layak memang menjadi "Terdepan, Terpercaya. Tumbuh Bersama Anda" sebagaimana tagline dari Bank Mandiri sesuai dengan visinya "Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia Yang Paling Dikagumi Dan Selalu Progresif".




Apapun Keinginan Anda, Bank Mandiri Saja

Sesuai dengan slogan sekarang, "Apapum Keinginan Anda, Bank Mandiri Saja", Bank Mandiri terus melakukan inovasi dan peningkatan-peningkatan layanan perbankan. Dalam rangka memudahkan aktivitas perbankan masyarakat Indonesia, Bank Mandiri menghadirkan berbagai jenis pembiayaan dan layanan perbankan seperti:

  1. Mandiri KTA, Mandiri Kredit Tanpa Agunan adalah kredit perorangan tanpa agunan dari Bank Mandiri untuk berbagai keperluan, yang diberikan kepada calon debitur yang memenuhi persyaratan. Dengan kelebihan-kelebihan seperti tanpa agunan, cicilan ringan, limit kredit sampai dengan Rp. 200 juta, jangka waktu kredit disediakan dalam 5 pilihan, serta perlindungan asuransi jiwa.
  2. Mandiri KPR, adalah kredit pemilikan rumah dari Bank Mandiri yang diberikan kepada perorangan untuk keperluan pembelian rumah tinggal/apartemen/ruko/rukan yang dijual melalui developer atau non developer.
  3. Mandiri Tabungan, yaitu tabungan dari Bank Mandiri dengan berbagai kemudahan, seperti anya dengan setoran awal sebesar Rp 500.000,- telah memiliki rekening Mandiri Tabungan, pembukaan rekening, penyetoran maupun penarikan dana tabungan dapat dilakukan di seluruh Cabang Bank Mandiri, mendapatkan Mandiri Debit yang berfungsi sebagai kartu ATM dan kartu debit yang dapat digunakan untuk berbelanja dan pembayaran lainnya di merchant-merchant yang berlogo VISA baik di dalam maupun di luar negeri, serta dapat bertransaksi di 8.996 ATM Mandiri, 26.000 ATM Bersama, 23.602 ATM LINK, 31.700 ATM Prima maupun 1.700.000 ATM berlogo VISA di seluruh dunia.
  4. Mandiri Tabungan Rencana, yaitu tabungan dengan setoran wajib bulanan yang memberikan nasabah ekstra perlindungan Asuransi dengan tujuan mempersiapkan masa depan terbaik bagi nasabah itu sendiri. Tabungan ini tersedia dalam valuta Rupiah dan US Dollar.
  5. Mandiri Kartu Kredit, yaitu kartu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran transaksi jual-beli barang dan jasa, kemudian  pelunasan atas penggunaannya dapat dilakukan sekaligus atau secara angsuran sejumlah minimum tertentu. Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang memiliki prinsip “buy now pay later”, dimana pada saat transaksi kewajiban pemegang kartu ditalangi terlebih dahulu oleh Bank Mandiri. Pemegang kartu dapat melunasi pembayaran berdasarkan waktu yang disepakati antara pemegang kartu dan Bank Mandiri. Kartu kredit Bank Mandiri tersedia untuk Visa dan Mastercard.
  6. Dan masih banyak lagi layanan-layanan perbankan lainnya seperti Tabungan Bisnis, Tagungan haji, Tabungan Valas, Giro, Deposito, Mandiri Prabayar, dan Produk Investasi dan Layanan Retail.

Dari berbagai prestasi dan program layanan unggulan tersebut, Bank Mandiri ke depan diharapkan terus untuk berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar dan memberikan keuntungan yang maksimal kepada seluruh stakeholder. Selain itu tetap terus melakukan pengembangan sumber daya manusia yang profesional, malaksanakan manajemen terbuka, serta melakukan aksi peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan. Dengan demikian, Bank Mandiri akan menjadi bank terdepan, terpercaya, dan tumbuh bersama masyarakat Indonesia.



Diolah dari berbagai sumber:
  1. http://www.bankmandiri.co.id
  2. http://id.wikipedia.org
  3. http://www.bumn.go.id
  4. http://www.tribunnews.com
  5. http://www2.tempo.co
  6. http://open.salon.com


6 komentar:

Muhammad Farras Reizaldy mengatakan...

moga menang kontes seonya

Detri Man mengatakan...

amien ... tq.

Bahar Samudra mengatakan...

Semoga berhasil gan ,,

Blogwalking

toyiq mawon mengatakan...

Mantap gan,, raih posisi pertama,, semangat,,

toyiq mawon mengatakan...

keywordnya

Bank Mandiri, Bank Terbesar Di Indonesia

atau

Bank Mandiri, Bank Terbaik Di Indonesia gan ??

Kisah sukses mengatakan...

KISAH SUKSES Mardiana; lolos PNS guru lingkungan PEMDA lampung

Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 30 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk JOKO SUTRISNO Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Drs JOKO SUTRISNO SH,Msi Tlp:0823-21677798 Siapatau Beliau Masih Bisah Bantu.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More