Penerimaan CPNS 2013

Pemerintah sedang merancang penerimaan CPNS untuk tahun 2013, seiring berakhirnya masa moratorium (penghentian sementara) rekrutmen CPNS. Penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) 2013 direncanakan digelar pada bulan Juni 2013. Penerimaan diprioritaskan berasal honorer kategori 2 (K2) yang berjumlahhampi 600 ribu jiwa, tetapi ini tidak diangkat semua.

Pemerintah memastikan penerimaan ini diisi oleh pelamar umum dan tenaga honorer K2, K2 diprioritaskan karena merupakan amanat Peraturan Pemerintah dimana honorer tersebut diangkat secara bertahap hingga tahun 2014. Posisi pelamar umum hanya untuk kursi yang tidak memiliki kandidat di kelompok honorer K2.

Rangkaian penerimaan CPNS 2013 dimulai pada bulan Maret, tahap pertama yaitu permintaan masukan kuota bagi Instansi pusat dan daerah, kemudian akan dicek permintaan kuota tersebut berdasarkan sejumlah instrumen. Jadi, untuk tahun ini kuota bukan ditetapkan dari Pemerintah terlebih dahulu, melainkan berasal dari usulan masing-masing kementerian, instansi pusat, dan pemerintah daerah. Selanjutnya diharapkan tes CPNS dapat dilakukan pada bulan Juni.

Skenario tes CPNS 2013 adalah peserta atau pelamarlangsung menjawab soal ujian di depan komputer (Computer Assisted Test/CAT). Sehubungan masih ada keterbatasan CAT di daerah, maka akan dijajaki kerjasama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) setempat yang direkomendasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Atas informasi tersebut, kepada yang berminat untuk mengikuti testing CPNS ini harap menyiapkan segala sesuatunya. Seperti SKCK, Kartu Kuning, Ijazah, dan lain sebagainya. Informasi selengkapnya akan diumumkan kemudian secara terbuka di Media Cetak, Media Elektronik, dan media lainnya.


1 komentar:

cristian batistuta mengatakan...

tolong infonya . makasih.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More