Profil Organisasi Kemasyarakatan Provinsi Banten Tahun 2012

Keberadaan Organisasi Masyarakat di Provinsi Banten akhir-akhir ini sangat mengembirakan seiring dengan arah reformasi yang melesat ke seluruh penjuru nusantara dan pembentukan Provinsi Banten sebagai hasil pemekaran wilayah. Keberadaan Organisasi Masyarakat berarti menandakan adanya ruang kemerdekaan masyarakat untuk menyampaikan pendapat/pikiran di muka umum sesuai tugas dan fungsinya sebagai upaya pemberdayaan anggota masyarakat dan bangsa umumnya.

Eksistensi Organisasi Masyarakat disamping sebagai wahana berkumpul bagi anggota juga harus senantiasa membawa kiprahnya ditengah-tengah pergaulan umat manusia yang nyata-nyata dirasakan manfaatnya. Untuk itu kehadirannya sangat strategi dalam mendorong pembangunan di wilayahnya untuk bersama-sama membangun kehidupan yang kokoh, meningkatkan kesejahteraan, keadilan, kemartabatan melalui kemudahan dalam memperoleh informasi dan akses-akses lainnya. Keberadaan Organisasi Masyarakat diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1985 yang merupakan mitra Pemerintah.
Pemerintah Provinsi Banten, dalam hal ini melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Banten secara terus menerus melakukan pembinaan terhadap Organisasi Masyarakat, sesuai dengan amanat undang-undang tersebut. Pembinaan dilakukan dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dengan memperkuat ketahanan nasional dalam bidang idelogi, politik, ekonomi, sosial, agama, dan budaya. Untuk lebih meningkatkan efesiensi dan efektivitas pembinaan terhadap Organisasi Masyarakat telah disusun Profil Organisasi Masyarakat Provinsi Banten Tahun 2012 sebagai data base atau penyediaan informasi tentang keberadaan dan perkembangan Organisasi Masyarakat di Provinsi Banten.
 
Profil Organisasi Masyarakat Provinsi Banten Tahun 2012 merupakan data atau profil Organisasi Masyarakat dengan ruang lingkup Provinsi Banten yang masih aktif dalam melakukan kegiatan kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir, hal ini dinyatakan dengan masih berlakunya Surat Keterangan Terdaftar (SKT) bagi organisasi tersebut dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir, serta adanya penyampaian laporan kegiatan organisasi tersebut. Dengan demikian diharapkan dapat memberikan data atau profil yang lebih lengkap tentang keberadaan Organisasi Masyarakat di Provinsi Banten yang aktif keberadaannya dari tahun 2010 sampai dengan Tahun 2012.
Buku Profil Organisasi Masyarakat Provinsi Banten Tahun 2012 kami sajikan, dengan sistematika sebagai berikut: (klik item untuk mendownload)

  1. Halaman Judul.
  2. Kata Pengantar.
  3. Daftar Isi.
  4. Klasifikasi Ormas.
  5. Klasifikasi LSM.
  6. Bab I. Pendahuluan.
  7. Bab II. Data Ormas.
  8. Bab II. Data LSM.
  9. Bab III. Penutup.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More