KAI Buka Rute Madiun - Merak

Hari ini (18/7/2013) Saya membaca berita tentang rencana PT. Kereta Api Indonesia (KAI) untuk membuka layanan kereta api baru dengan rute Kota Madiun - Jawa Timur, menuju Merak - Banten. Kabarnya, rute baru ini akan mulai dilaksanakan pada 24 Juli mendatang, sehingga diharapkan bisa mendukung pelaksanaan angkutan Lebaran 2013.

Direncanakan ada dua rangkaian kereta yang melayani perjalanan rute baru ini, informasi yang diperoleh kereta tersebut diberi nama KA Krakatau Ekxpress. Rute baru ini sebagai wujud jawaban tuntutan pelanggan kereta api, khususnya yang berasal dari Sumatera yang ingin langsung menuju Jawa Timur. Selama ini para penumpang kereta selalu berpindah-pindah atau naik turun beberapa kali bila menuju Jawa Timur. Dengan adanya jalur ini, maka akan lebih efektif dan efesien, tidak menghadapi kemacetan jalan raya, terutama dapat ditempuh dengan sekali jalan.

Secara teknis keberangkatan kereta, masing-masing rangkaian akan bersiap dari Stasiun Madiun dan Stasiun Merak. Kedua kereta akan berangkat sekitar Jam 05.00 WIB. KA Krakatau akan dioperasikan melalui jalur selatan Madiun - Solo - Yogya - Kroya - Purwokerto - Cirebon - Jakarta - Merak dengan kekuatan dua rangkaian KA dan waktu 16 jam, masing-masing rangkaian terdiri dari delapan gerbong. Sehingga daya angkutnya masing-masing kapasitas 600 penumpang, total kapasitas 1.216 penumpang, sehingga kereta ini menjadi moda alternatif bagi penumpang dari Merak menuju kota-kota di Pulau Jawa.

KA Krakatau yang merupakan rangkaian baru itu dibeli secara khusus oleh Dirjen Perkeretaapian untuk melayani jalur terpanjang di Jalur Jawa itu. Fasilitasnya di lengkapi dengan AC dan perlengkapan baru lainnya.

Menyikapi hal tersebut, sangat bagus sekali menjadikan moda alternatif bari penumpang yang berasal dari Sumatera menuju Kota-kota di Pulau Jawa, selama ini hanya mengandalkan bis-bis antar kota. Dengan adanya jalur kereta langsung menuju Jawa Timur, ini juga akan mengurangi kemacetan jalur mudik, terutama jalur Pantura yang menjadi jalur utama menuju Jawa Tengah - Jawa Timur.

Selama ini penumpang kereta bila menuju kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur selalu berpindah-pindah atau naik turun stasiun, sehingga sangat merepotkan. Jalur baru ini pun sangat menguntungkan bagi masyarakat Banten, selama ini pilihan utama masyarakat Banten yang akan mudik atau pun melakukan perjalanan wisata masih mengandalkan moda bis antar kota. Hal ini disebabkan bila ingin menggudanakan jalur kerata harus ke Jakarta dulu, baik Gambir maupun Senen.

Sebagai warga Banten, semoga jalur baru ini, dengan KA Krakatau Ekspress semakin memudahkan penumpang sekaligus membuka jalur atau akses secara ekonomi menuju dan dari Jawa Tengah - Jawa Timur, dan kota-kota lainnya.


0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More