Hari Ini Rano Karno Dilantik Jadi Gubernur Banten

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Rano Karno menjadi Gubernur Banten menggantikan Ratu Atut Chosiyah di Istana Negara Jakarta, Rabu (12/8) (setneg.go.id)


Akhirnya, pelantikan Rano Karno sebagai Gubernur Banten definitif menemui kepastian. Hari ini, Rabu (12/8/2015) dilantik di Istana Negara, Jakarta. Kepastian diumumkan pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. "Pelaksanaan gladi pelantikan pukul 12.00 WIB, dilanjutkan pukul 13.00 WIB, Presiden RI melantik Rano Karno," ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Banten Deden Apriandhi.

Biro Pers Media dan Informasi Istana Kepresidenan juga mengeluarkan keterangan tertulis terkait agenda pelantikan itu. “Acara Presiden, Rabu 12 Agustus 2015, Pelantikan Gubernur Banten Sisa Masa Jabatan 2012-2017,’ demikian keterangan tersebut.

Sebelumnya, Rano sendiri mengaku kurang bugar jelang pelantikannya. Oleh karena itu ia minum vitamin C. "Persiapan biasa saja, cuma banyak minum vitamin C. Sekarang aja kurang enak badan," ujarnya beberapa waktu lalu.

"Saya dilantik oleh Presiden sebagai Gubernur Banten, Insya Allah di sisa masa bakti 2012-2017 saya akan kejar untuk pembangunan Provinsi Banten," katanya. Ia mengatakan, dalam 17 bulan ke masa depan akan fokus ke pembangunan infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan.

"Itu memang menjadi dasar. Tapi, sekarang ini yang memang menjadi agak poin yang sedang kita fokuskan tentang kemarau nih,' ujarnya. Ia menimpali, "Sudah banyak kekeringan di daerah Banten. Walaupun di beberapa wilayah, di tengah kemarau ini masih ada panen raya. Hari ini ada panen raya di Lebak." Oleh karena itu, ia mengemukakan, harus ada penyeimbang untuk menghadapi perubahan iklim melalui desain dan manajemen pangan yang benar. 

Berkaitan dengan posisi Wakil Gubernur Banten, Rano sepenuhnya menyerahkan kepada Presiden karena ada atau tidak ada pejabat pendamping, dirinya akan tetap bekerja.

"Itu urusan keputusan saja. Kalau berdasarkan dari Mendagri, tidak perlu wakil karena memang tinggal 17 bulan. Tapi kalau memang nanti ada wakil, buat saya tidak ada masalah. Ada wakil saya kerja, tidak ada wakil saya kerja," demikian Rano Karno.

Jadi Gubernur Banten, Rano Karno Akan Jenguk Ratu Atut di Rutan

Rano Karno baru sehari menjabat resmi sebagai Gubernur Banten. Namun ia bermaksud bertemu dengan Ratu Atut Chosiyah yang sudah 'demisioner' di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

"Surat petikan Presiden (Jokowi) juga harus disampaikan kepada Ibu Atut. Sebaiknya memang saya (yang mengantarkan surat) setelah ini selesai semua, saya pasti akan bertemu dengan Ibu Atut untuk bicaralah," kata Gubernur Banten, Rano Karno, Jumat (7/8/2015). Meski belum sempat bertatap muka langsung dengan mantan orang nomor satu Banten tersebut, Rano mengaku istrinya, Dewi Rano, sudah sering bertemu dengan Ratu Atut Chosiyah.

"Jadi sebetulnya sudah ada, mungkin saya minta maaf belum langsung (bertemu Atut). Tapi istri saya sudah ketemu Ibu (Atut) sebagai pribadi," terang politikus PDIP sekaligus aktor senior tersebut. Rano pun mengaku sudah sering melakukan obrolan 'warung kopi' dengan pihak keluarga Ratu Atut yang telah lama memimpin Banten.

"Kalau obrolan 'warung kopi', sebetulnya saya tidak perlu kasih tahu ya. 'Warung kopi' itu sudah saya gelar sebetulnya, tapi enggak saya kasih tahu ke media. Karena nanti orang berpikir, 'Ini kopinya kopi gayo atau kopi bali'," tutur Rano sembari tertawa.

Ratu Atut Chosiyah dan Rano Karno resmi diberhentikan sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten periode 2012-2017. Pemberhentian itu dilangsungkan dalam rapat paripurna DPRD Banten yang dihujani interupsi sehingga harus diskors sekitar 1,5 jam untuk rapat fraksi.

"Ratu Atut Chosiyah diberhentikan sebagai Gubernur Banten dan pengangkatan Rano Karno sebagai Gubernur Banten menyelesaikan masa jabatan 2012-2017. Maka diharapkan mekanisme pengangkatan Gubernur periode 2012-2017 dapat berlangsung sesuai etika," ucap Ketua DPRD Banten Asep Rakhmatullah saat membacakan putusan sidang, Kamis 6 Agustus 2015.



Diolah dari berbagai sumber, al. antaranews.com, okezone.com, liputan6.com


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More