Duh, Pendaftaran UTBK 2019 Ditutup Sementara!

Sediakalanya pendaftaran UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) untuk Gelombang Pertama telah dibuka pada tanggal 1 Maret 2019, tetapi akkhirnya ditutup sementara dan dibuka kembali pada hari Senin, 4 Maret 2019 jam 08.00 WIB.

Sejak dibuka, situs resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang menyelenggarakan pendaftaran UTBK mengalami gangguan. Kesulitan pertama adalah mengaksesnya, setelah akses dapat dilalui, ternyata pembayaran yang dilakukan melalui Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank BTN tidak bisa. Dicoba beberapa kali pun, baik melalui internet banking maupun ATM, tetap tidak bisa.

Saya, sebagai orang tua siswa mencoba mencari tahu, kenapa sistem pembayaran ini tidak bisa dilakukan. Melalui media twitter, saya coba mention langsung ke Bank Mandiri. Berikut saya coba keluhkan kepada Bank Mandiri melalui cuitan saya:

Cuitan pertama jam 12:32 WIB pada 2 Maret 2019:
"Mau bayar UTBK tapi @bankmandiri eror melulu, padahal batasannya hari ini, smoga teller buka sampe sore".

Cuitan kedua delapan menit kemudian:
"Bisa daftar #UTBK2019 tengah malam/dini hari, giliran bayar ke @bankmandiri ga bisa2, dikasih batas cuma sehari doang. Ya Allah SWT, mudahkanlah urusan ananda dan ribuan calon mahasiswa utk melanjutkan pendidikannya. Amin".

Cuitan pertama mendapat jawaban dari @bankmandiri:
"Halo Bpk Delly, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Dpt kami informasikan utk pembayaran UTBK LTMPT saat ini sedang dlm peningkatan sistem. Bpk dpt mencoba kembali secara berkala ya. Tks-Kyla".

Hampir bersamaan beda admin @bankmandiri juga mentuit:
"Halo Bpk Massaputro, mohon maaf atas ketidaknyamanannya ya. Dpt kami informasikan bahwa saat ini utk pembayaran UTBK sdg terjadi peningkatan sistem pd sisi biller ya. Mohon kesediaannya menunggu proses peningkatan sistem tsb ya. Tks-Visi".

Untuk cuitan kedua saya, pun dijawab sebagaimana di atas oleh @bankmandiri, hal ini juga terjadi pada semua bank mitra.

Rasa penasaran pun semakin tebal, saya coba lagi lakukan pembayaran, kali ini melalui ATM, sedangkan kasus di atas sebelum mencuit di twitter, pembayaran dilakukan dengan internet banking.

Walhasil, saya balas respon @bankmandiri pada jam 14.02 WIB:
"Permasalahannya ada keterbatasan waktu pembayaran (time limitnya) dicoba pakai ATM tetap tidak bisa".

Lagi-lagi @bankmandiri memberi jawaban untuk bersabar, senada dengan jawaban sebelumnya.

Usut punya usut, terus googling dan searching di berbagai media untuk mengetahui apa yang terjadi pada proses pendaftaran UTBK ini. Akhirnya menemukan surat resmi dari LTMPT tertanggal 2 Maret 2019. Isi surat menyatakan bahwa masih ditemui beberapa kendala, seperti permasalahan NPSN dan NISN serta sistem pembayaran H2H (Host to Host) dengan bank mitra LTMPT.

Akibat kedua masalah tersebut, Pendaftaran UTBK 2019 sementara DITUTUP dan akan dibuka kembali pada hari Senin, 4 Maret 2019 pukul 08.00 WIB.

Berikut surat pengumumannya:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar