Info Dan Jadwal SNMPTN, UTBK & SBMPTN 2019 Terbaru!

Sebagaimana telah diketahui, pada tahun 2019 terdapat tiga jalur untuk melanjutkan pendidikan pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan jalur Mandiri.

SNMPTN adalah penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa. Dalam kerangka integrasi pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi, sekolah diberi peran dalam proses seleksi SNMPTN. Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diasumsikan selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran yang merupakan prinsip pendidikan karakter. Oleh karena itu, sekolah berkewajiban mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa dengan lengkap dan benar. SNMPTN hanya diikuti oleh siswa pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat tahun 2019. 

  • Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
Pengisian dan Verifikasi PDSS : 04 Januari – 25 Januari 2019
Pendaftaran SNMPTN                    : 04 Februari – 14 Februari 2019
Pengumuman Hasil Seleksi : 23 Maret 2019

Jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat dilihat di laman masing-masing PTN.

SBMPTN adalah penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis. SBMPTN melalui ujian tertulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan manfaat, baik bagi kepentingan nasional, PTN, maupun peserta. Bagi peserta, manfaat seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah. SBMPTN ini dari tahun ke tahun selalu diperbaiki dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Pada tahun 2016 mulai diperkenalkan juga SBMPTN dengan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019. Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

  • Jadwal pelaksanaan UTBK adalah sebagai berikut:
Pendaftaran UTBK Gelombang I   : 1 - 24 Maret 2019

Pendaftaran UTBK Gelombang II : 25 Maret - 1 April 2019 

  
Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 13 April - 4 Mei 2019
Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 11 - 26 Mei 2019
Pengumuman Hasil UTBK            : 23 April - 2 Juni 2019

  • Jadwal pelaksanaan SBMPTN adalah sebagai berikut:
Pendaftaran SBMPTN : 1 Maret - 1 April 2019
Pengumuman Hasil SBMPTN      : 13 April - 26 Mei 2019

Catatan:
  • Peserta yang ingin mengikuti tes dua kali harus mendaftar di gelombang pertama dan gelombang kedua;
  • Peserta yang mendaftar hanya di gelombang kedua hanya dapat mengikuti 1 (satu) kali tes pada tanggal 11 Mei – 26 Mei 2019.
  •  Jadwal pelaksanaan UTBK:

Jangan lupa berdoa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close