Rapat Teknis Dan Validasi Data Penyusunan LPPD Kabupaten Tangerang 2019

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang, Hery Haryanto menyampaikan bahwa capaian EKPPD Kabupaten Tangerang tahun sebelumnya kurang memuaskan dan ini menjadi cermin pekerjaan penyusunan LPPD. 

"Penyusunan LPPD harus menjadi perhatian khusus dan serius melakukannya karena menyangkut kredibelitas Kepala Organisasi Perangkat Daerah atau Camat dan akhirnya menjadi penilaian kredibelitas Kepala Daerah", ujar Hery dalam Pembukaan Rapat Teknis Dan Validasi Data Penyusunan LPPD Tahun 2018 Kabupaten Tangerang (13/02/2019). 

Sebelumnya, Tisna selaku Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Kabupaten Tangerang menyampaikan bahwa kegiatan rapat diselenggarakan selama dua tiga hari, yaitu dari tanggal 13 s.d 14 Februari 2019.

"Laporan kinerja dari para Kepala OPD dan Camat menjadi cermin kinerja Kepala Daerah. Oleh karena itu, pelaporan data harus valid sesuai dengan data indikator kinerja yang diminta", tambah Tisna dalam laporan panitia penyelenggara yang dilaksanakan di salah satu hotel di kawasan BSD City.

Massaputro Delly TP, Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Banten yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan materi bahwa tujuan penyusunan LPPD yang utama adalah untuk mengetahui kinerja pencapaian IKK setiap Perangkat Daerah dan sebagai sumber informasi dalam evaluasi penyelenggaraan pemda dan bahan pembinaan lebih lanjut serta memberikan masukan bagi kepala daerah dalam perumusan kebijakan pemerintahan dan pembangunan daerah.

"Ada beberapa rekomendasi yang menjadi perhatian utama dalam penyusunan LPPD, yaitu (1) Strategi peningkatan kapasitas dan quality improvement, (2) Peningkatan efektivitas desentralisasi fiscal, (3) Pemantauan untuk capaian kinerja pada urusan pemerintahan, (4) Peningkatan kualitas penyusunan LPPD, dan (5) Peningkatan koordinasi antara OPD Provinsi dengan Kabupaten/Kota", tambah Delly.

Kemudian disampaikan pula terdapat dua hal penting berupa Critical Point dalam penyusunan LPPD terkait data yang disampaikan, yaitu harus reliabilitas data dan validitas data. Reliabilitas data yaitu adalah keandalan atau konsistensi, bahwa data yang disajikan memiliki keterpercayaan, keterandalan, keajegan, konsistensi, kestabilan yang dapat dipercaya. Validitas data yaitu ketepatan dan kecermatan, menunjukkan keadaan yang sebenarnya dan mengacu pada kesesuaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close