2 Sumber Ide Menulis Hari Ini

Menulis apa anda hari ini?
Binggung, tidak ada ide?

Bagi anda pecinta bloging atau tulis menulis di media apapun, daring maupun luring, tentunya anda ingin menulis setiap hari dan menarik. Untuk itu diperlukan ide-ide segar dan up to date sehingga orang berminat membacanya hingga tuntas.

Dalam kesempatan ini, cukup 2 (dua) sumber ide yang saya sampaikan. Walau 2 tapi akan banyak ide-ide yang bisa di gali dan dituangkan dalam penulisan.

Pertama, tagar twitterYa, twitter selalu ramai pengunjung. Orang bertwit dan saling berbalas pantun sahut menyahut. Tagar pun menjadi sarana untuk meningkatkan tren pembicaraan hari ini.

Cek tagar trending hari ini, klik dan baca-baca obrolan atau twit tagar tersebut. Ini menjadi ide penulisan segar, gunakan obrolan atau twit warganet sebagai bahan ide. Sebagai bahan ya, bukan copypaste

Selanjutnya kembangkan sesuai pengetahuan dan gaya penulisan anda. Browsing dan searching tema yang berkaitan untuk menambah wawasan. Bila perlu cantumkan sumber data dan informasi tersebut.

Contoh: hari ini Minggu, 17 Mei 2020, jagad twitter diramaikan dengan tagar '#StopKonserUnfaedah', '#StopPolitikDitengahPandemi', '#unsoedjutek', '#introvert', dan '#Cant_You_See_Me'.


Kedua, Google Trends. Merupakan grafik statistik pencarian web yang menampilkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu. Hasil dapat ditampilkan menurut kota, wilayah atau bahasa.

Berita-berita terkait topik yang menjadi tren juga ditampilkan di sini. Anda bisa membandingkan topik-topik favoritnya dengan topik-topik yang diminati di seluruh dunia. 

Google Trends juga akan menampilkan seberapa sering suatu topik muncul di Google News, dan di kawasan mana topik tersebut paling banyak dicari.

Topik yang muncul di Google Trends menjadi ide buat anda.

Contoh: hari ini Minggu, 17 Mei 2020, topik paling banyak dicari adalah 'The World of The Married episode 16' dengan 100 ribu lebih penelusuran. Kemudian diikuti topik 'Indira Kalistha', 'Goosebumps', 'Introvert adalah', dan urutan kelima topik 'Hari Buku Nasional' dengan 10 ribu lebih penelusuran.

Bagaimana?
Sudah ada ide kan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close