Komandan Menwa se-Indonesia Usul Diadakan Rapat Koordinasi Kepada Dankonas


Nyaris seluruh Komandan Resimen Mahasiswa (Danmenwa) seluruh Indonesia mengusulkan kepada Komandan Komando Nasional (Dankonas) Resimen Mahasiswa (Menwa) untuk mengadakan rapat koordinasi secara nasional. Tentunya rapat dilaksanakan secara virtual melihat kondisi masih dalam wabah pandemi COVID-19.

Rapat koordinasi dimaksudkan untuk konsolidasi kegiatan-kegiatan Menwa yang di daerah, sekaligus konsolidasi organisasi sehingga diketahui hambatan-hambatan dan solusi untuk mengatasi kendala dalam setiap menjalankan kegiatan Menwa, baik di pusat maupun di daerah.


Hal ini terungkap dalam acara Halal Bi Halal Resimen Mahasiswa Se-Indonesia yang dilaksanakan secara daring, Jumat (26/06/2020). Acara secara resmi di pimpin oleh Dankonas Menwa A Riza Patria yang belum lama ini telah dilantik menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta pada tanggal 15 April 2020 untuk Sisa Masa Jabatan Tahun 2017-2022.

A Riza Patria menyampaikan bahwa di masa pandemi ini, selain musibah yang melanda nasional bahkan dunia, juga menghasilkan sisi positif yakni terjalinnya solidaritas anak bangsa dan komunikasi serta koordinasi intensif dengan menunjukan kebersamaan kelembagaan. Adanya spirit of the corps bagi anggota Menwa. Hal yang sangat berguna dalam penguatan semangat bela negara, karena terbukti Menwa tidak berdiam diri, selain tetap menjalani protokol covid dalam kesehariannya.


Acara yang berlangsung dimulai pukul 19.30 WIB diikuti hampir seluruh Danmenwa Provinsi seluruh Indonesia. Dalam setiap laporan singkatnya, para Danmenwa menjelaskan keterlibatan aktif anggota Menwa dalam penanggulangan dan pencegahan wabah pandemi virus corona atau COVID-19. Keterlibatan Menwa bekerjasama dengan instansi terkait, seperti BPBD dan komando teritorial TNI, mulai dari Komando Rayon Militer (Koramil) hingga Komando Daerah (Kodam). Hal ini membuktikan sumbangsih anggota Menwa dalam bela negara.

Tidak ketinggalan untuk jajaran Komenwa Mahabanten Provinsi Banten, bertempat di Ruang Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana A selaku Danmenwa Mahabanten mengikuti dan menyimak kegiatan halal bi halal hingga selesai.


Dalam kesempatan ini, Nana Sukmana juga menyampaikan keterlibatan anggota Menwa Mahabanten untuk penanganan wabah COVID-19 di Banten, seperti ikut dalam penyemprotan disinfektan di beberapa titik lokasi yang telah ditentukan. Secara personal, anggota Menwa diharapkan ikut mensosialisasikan pencegahan virus corona, seperti social distancing alias jaga jarak, selalu menggunakan masker, dan sering-sering cuci tangan.

Selain Danmenwa Mahabanten, hadir pula jajaran secara lengkap jajaran Komenwa Mahabanten. Diantaranya Hasan Basri Wakil Komenwa, Massaputro Delly TP Kepala Staf Komenwa, Irawan Asisten Intelijen, Hikmat Asisten Operasi, Anis Dandengana, para Wakil Asisten dan para Komandan Satuan. Turut hadir pula pengurus Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (IARMI) Provinsi Banten, Agus Fatah Yasin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close