Ngupi Komando: Nongkrong Ala Skomen Mahabanten


Sudah menjadi tradisi di Staf Komando Resimen Mahasiswa (Skomenwa) Mahabanten Provinsi Banten dalam membicarakan program dan kegiatan atau sekedar silaturahim dilakukan secara santai tapi serius sambil minum kopi, disebut dengan "Ngupi Komando".

Dilakukan baik di tempat-tempat resmi seperti Ruang Rapat maupun di tempat atau fasilitas umum seperti cafe, rumah makan, atau tempat santai lainnya. Seperti hari ini, Jumat (28/08/2020), Hasan Basri Wakil Komandan Menwa Mahabanten, Massaputro Delly TP Kepala Skomenwa, dan Irawan Asisten Intelijen Skomenwa melakukan pertemuan bertempat di Kedai Kopi Om Bewok. Kedai kopi ini beralamat di Jl. Empat Lima, Kota Serang, Banten.


Agenda ngupi komando kali ini yaitu membahas pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Menwa Mahabanten Tahun 2020. Sehubungan kondisi wabah pandemik virus corona atau COVID-19, maka perlu dilakukan langkah strategis berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Kantor Perwakilan (Kanwil) Kementerian Pertahanan  (Kemhan) Provinsi Banten dan Komando Resort Militer (Korem) 064/Maulana Yusuf Banten serta Rektor/Ketua/Pimpinan Perguruan Tinggi.

Adapun hasil dari ngupi komando dari jam 14.00 hingga 17.00 WIB dapat disimpulkan sebagai berikut:

1. Dalam rangka persiapan pelaksanaan Diklatsar Menwa Mahabanten Tahun 2020 perlu diambil langkah-langkah strategis, yaitu:
  • Audensi dengan Kepala Kantor Perwakilan Kementerian Pertahanan Provinsi Banten dalam rangka koordinasi Giat Diklatsar, serta kemungkinan dukungan yang dapat diberikan oleh Kanwil Kemenhan;
  • Audensi dengan Komandan Resort Militer 064/Maulana Yusuf Banten (Danrem 064/MY) dalam rangka apakah dimungkinkan pelaksanaan Diklatsar Menwa dalam suasana pandemik COVID-19.

2. Bila Diklatsar Menwa dapat dilaksanakan pada tahun 2020, maka:
  • Mohon arahan Danrem 064/MY berkaitan tempat Diklatsar, apakah dapat dilaksanakan bertempat di Markas Batalyon Infanteri 320/Badak Putih Pandeglang atau tempat lain yang ditunjuk oleh Danrem 064/MY;
  • Pembentukan Satuan Tugas Diklatsar Menwa Mahabanten Tahun 2020;
  • Pengumuman pendaftaran calon anggota Menwa Mahabanten Tahun 2020, berkoordinasi dengan pihak Rektorat/Pimpinan Perguruan Tinggi untuk izin melaksanakan Diklatsar Menwa;
  • Penyampaian pengumuman pendaftaran anggota Menwa Mahabanten 2020 kepada Rektor/Ketua Perguruan Tinggi yang belum memiliki UKM Menwa, baik berupa tertulis maupun tatap muka bila dimungkinkan.


3. Timeline Persiapan Diklatsar Menwa Mahabanten Tahun 2020:
  • Audensi dengan Kakanwil Kemenhan Provinsi Banten, Minggu Pertama September 2020;
  • Audensi dengan Danrem 064/MY, Minggu Kedua September 2020;
  • Pengumuman pendaftaran dan koordinasi dengan Perguruan Tinggi, Minggu Ketiga dan Keempat September 2020;
  • Pelaksanaan Diklatsar, Awal Oktober 2020.

Selanjutnya, dari hasil di atas akan ditindaklanjuti secara bersama-sama dan simultan bersama dengan para asisten, komandan batalyon, dan komandan satuan Menwa yang berada di perguruan tinggi masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close